A. Keutungan dan Keterbatasan Metode Demonstrasi
1. Keuntungan Metode Demonstrasi
Morgan, (1976) ; Flores, Bueno dan Lapastora, (1984), menyatakan ada beberapa keuntungan metode demonstrasi yaitu:
a. Demostrasi menarik dan menahan perhatian.'b. Demonstrasi menghadirkan subjek dengan cara yang mudah dipaham.c. Menyakinkan hal-hal yang meraguakan apakah dapat atau tidak dapat dikerjakan.d. Dalam metode ini memiliki objek yang nyata.e. Metode ini menunjukkan penlaksaan ilmu pengetahuan dengan contoh.f. Mempercept penyerapan langsung dari sumbernya.g. Membantu mengenbangkan kepemimpinan local.h. Memberikan bukti bagi praktik yan diajurkan.
2. Keterbatasan Metode DemontrasiAda beberapa keterbatasan metode demonstrasi antara lain:a. Metode ini tidak muda dilaksanakan.b. Terbatas hanya untuk jenis pengajaran tertentu.c. Hasil memerlukan waktu yang banyak dan agar mahal.d. Memerlukan persiapan awal.e. Memerlukan persiapan awal.f. Dapat terpengaruh oleh cuaca.g. Dapat mengurangi kepercayaan jika tidak berhasil.
B. Jenis Metode Demonstrasi
Secara umum ada dua jenis metode demonsttasi, yaitu:
1. Metode Demonstasi CaraDemonstrasi ini menunjukkan bagaimana mengerjakan sesuatu,. Termaksud bahan-bahan yang digunakan dalam perkerjaan yang sedang diajarkan., memeprlihatkan, serta menjelaskan setiap langkah pengerjaannya. Metode ini biasanya dapat diselesaikan dalam waktu yang relative singkat dan tidak memerlukan banyak biaya.
2. Metode Demonstrasi HasilMetode ini dimaksudkan untuk menunjukkan hasul dari bebarapa praktik dengan menggnakan bukti-bukti yang dapat dilihat, didengar, dan dirasakan.
C. Langkah-langkah Metode Demonstrasi Cara
Menurut Morgan(1976(, Kang & Song (1984), dan Flores, Bueno & Lapastora (1983) ada beberapa langkah yaitu:1. Merencakan demonstrasi cara2. Mempersiapkan demonstrator3. Mempersiapkan pengamat 4. Melakukan demonstrasi cara5. Menganalisis hasil
D. Tahap Demonstrasi Hasil
Ada bebarapa tahap dalam metode ini, yaitu:1. Merencanakan demonstrasi hasil2. Mempersiapkan demonstrasi3. Melaksanakan demonstrasi hasil4. Memperunakan hasil
Sumber : Suprijanto,2007. Pendidikan Orang Dewasa Dari Teori Hingga Aplikasi.Jakarta : Bumi Aksara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar