Analisa Kelompok dari Pengalaman Individu
Menurut kelompok kami teori-teori yang dipaparkan oleh Piaget
sesuai dengan pembelajaran-pembelajaran yang kami dapatkan dari pengalaman kami
sendiri. Sesuai dengan yang di jelaskan Piaget pengetahuan adalah proses
mengetahui sesuatu hal melalau interaksi dengan lingkungan. Piaget juga
menjelaskan dalam menciptaan pengetahuan, individu dan objek berpadu dan tidak
dapat dipisahkan. Bahkan “hubungan antara pembelajar dan objek tidak ditentukan
sebelumnya dan yang lebih penting adalah relasi itu tidak stabil: (Piaget,
1970b, h. 704). Piaget mengatakan ada empat faktor yang diperlukan untuk
transformasi perkembangan dari satu bentuk penalaran ke bentuk lain. Faktor itu
adalah lingkungan fisik, kematangan, pengaruh sosial, dan proses yang disebut
sebagai penyeimbang (equilibration) (Piaget, 1977).
Ketika masalah muncul permasalaahan
salam kegiatan belajar Piaget (1973) menjelaskan keterampilan memecahkan
masalah tidak dapat diajarkan langsung. Dari teori ini, guru kami tidak
memberikan pemecahan masalah yang kami alami untuk menyelesaikan tugas. Tetapi
kami di suruh untuk memecahkannya sendiri. Dalam teori Piaget
(1973), Salah satu sumber motivasi yakni kebutuhan. Kebutuhan bisa
bersifat fisiologis, afektif, dan intelektual. Karena kecerdasan mencari pemahaman
dan penjelasan, kebutuhan intelektual sering muncul dalam bentuk pertanyaan
atau masalah.
Salah satu sumber motivasi menurut
Piaget (1973) yakni kebutuhan. Kebutuhan bisa bersifat fisiologis, afektif, dan
intelektual. Karena kecerdasan mencari pemahaman dan penjelasan, kebutuhan
intelektual sering muncul dalam bentuk pertanyaan atau masalah. Dalam konteks
proses kognitif dan pembelajaran Piaget terdapat konsep “mengajarkan pemecahan
masalah”. Menurut Piaget, keterampilan memecahkan masalah tidak dapat diajarkan
langsung. Ini penting bagi perkembangan keterampilan pemecahan masalah. Piaget
(1973) menekankan pentingnya interaksi teman sebaya dalam konteks
eksperimentasi mandiri.
Piaget (1973) mengindikasikan bahwa
tidak ada tugas yang lebih sulit bagi guru ketimbang menyesuaikan diri dengan
aktivitas mental spontan dari anak atau remaja. Peran guru pertama adalah
membuat dan mengorganisasikan kelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar