Minggu, 16 September 2012

Analisa Kelompok dari Pengalaman Individu

Aisyah Hudaya (09-091) 

Fatimah Lubis (10-050)

Fitri Dian Adlina (10-091) 

 

Menurut kelompok kami  teori-teori yang dipaparkan oleh Piaget sesuai dengan pembelajaran-pembelajaran yang kami dapatkan dari pengalaman kami sendiri. Sesuai dengan yang di jelaskan Piaget pengetahuan adalah proses mengetahui sesuatu hal melalau interaksi dengan lingkungan. Piaget juga menjelaskan dalam menciptaan pengetahuan, individu dan objek berpadu dan tidak dapat dipisahkan. Bahkan “hubungan antara pembelajar dan objek tidak ditentukan sebelumnya dan yang lebih penting adalah relasi itu tidak stabil: (Piaget, 1970b, h. 704). Piaget mengatakan ada empat faktor yang diperlukan untuk transformasi perkembangan dari satu bentuk penalaran ke bentuk lain. Faktor itu adalah lingkungan fisik, kematangan, pengaruh sosial, dan proses yang disebut sebagai penyeimbang (equilibration) (Piaget, 1977).

Ketika masalah muncul permasalaahan salam kegiatan belajar Piaget (1973) menjelaskan keterampilan memecahkan masalah tidak dapat diajarkan langsung.  Dari teori ini, guru kami tidak memberikan pemecahan masalah yang kami alami untuk menyelesaikan tugas. Tetapi kami di suruh untuk memecahkannya sendiri.  Dalam teori Piaget (1973), Salah satu sumber motivasi  yakni kebutuhan. Kebutuhan bisa bersifat fisiologis, afektif, dan intelektual. Karena kecerdasan mencari pemahaman dan penjelasan, kebutuhan intelektual sering muncul dalam bentuk pertanyaan atau masalah.

Salah satu sumber motivasi menurut Piaget (1973) yakni kebutuhan. Kebutuhan bisa bersifat fisiologis, afektif, dan intelektual. Karena kecerdasan mencari pemahaman dan penjelasan, kebutuhan intelektual sering muncul dalam bentuk pertanyaan atau masalah. Dalam konteks proses kognitif dan pembelajaran Piaget terdapat konsep “mengajarkan pemecahan masalah”. Menurut Piaget, keterampilan memecahkan masalah tidak dapat diajarkan langsung. Ini penting bagi perkembangan keterampilan pemecahan masalah. Piaget (1973) menekankan pentingnya interaksi teman sebaya dalam konteks eksperimentasi mandiri.

Piaget (1973) mengindikasikan bahwa tidak ada tugas yang lebih sulit bagi guru ketimbang menyesuaikan diri dengan aktivitas mental spontan dari anak atau remaja. Peran guru pertama adalah membuat dan mengorganisasikan kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar