Pengertian
pendidikan disini untuk menjelaskan tentang beberapa pengertian yang
berhubungan dengan pendidikan orang dewasa (POD). Pengertian pendidiakn pada
bembahasan ini akan terdiri dari beberapa jenis pendidikan, pengertian sistem
pendidikan nasional, pengertian pendidikan formal, pendidikan nonformal, dan
pengertian pendidikan orang dewasa.
A.
Jenis Pendidikan
Ada beberapa jenis pendidikan yang dijelaskan pada pembahan ini, antara lain:
1.
Pendidikan Masa
Pendidikan masa (massa education) merupakan individu-individu
yang terdapat di masyarakat dengan sasaran individu-individu dan orang dewasa
yang menhalami ketelantaran pendidikn (Faisal, 1981). Misalnya: pemberatasan
buta huruf dikalanggan orang dewasa.
2.
Pendidikan Masyarakat
Pendidikan
masyarakat (community education)
merupakan suatu gerakan pendidikan yang ditunjukan bagi persekutuan hudup
sehingga mereka mempunyai pandangan, sikap, kebiasaan, dan kemampuan tertentu.
3.
Pendidikan Dasar
Pendidikan dasar (fundamental
education) merupakann suatu gerakan pendidikan yang ditinjukan untuk
meningkatkan kehidupan masyarakat, dibidang social ekonomi melalui dewasa,
anak-anak di daerah terbelakang sehingga anggota masyarakat menjadikan lebih
mampu menyesuaikan diri dan mengembangkan lingkungannya (Faisal, 1981; Joesoef,
1992).
4.
Penyuluhan
Penyuluhan
(extension) merupakan suatuu gerakan
pendidikan bimbngan, dan penyuluhan kepada masyarakat yang dilakukan oleh
lembaga pendudukan tinggi atau kejuruan menengah berkerja sama dengan instasi
pemerintaha yang relevan.
5.
Pengembangan Masyarakat
Pengembangan masyarakat (community
development) digunakan untuk menjelaskan usaha, proses atau herakan yang
dimaksud agar masyarakat sebagai suatu sosial dapat berkembang menjadi mampu
menolong diri sendiri untuk meningkatkan kualitas hidupnya di bidang ekonomi
(Faisal, 1981). Contonya: di desa perikanan (desa nelayan) begitu banyak iakan
yang dihasilkan oleh nelayan olej karenn itu kita sebagai masyarakat yang
tinggal disana bisa mengkembangkan ikan yang ada sebagi usaha. Seperti usaha
abon ikan.
6.
Masyakat Belajar
Masyarakat belajar (learning
society) menunjuk pada kenyataan bahwa warga masyarakat secara aktif
menggali pengalaman belajar did dalam setiap segi kehidupannya.
7.
Pendidikan Seumur Hidup
Pendidikan
seumur hidup (lifelong education)
digunakan untuk menjelaskan suatu kenyataan, kesadaran, asa, dan harapan baru
bahwa proses dan kebuthan pendidikan berlangsung tidak ada kata “terlambat”, “terlalu
tua”, atau “terlalu dini” untuk belajar.
B. Pengertian Sistem Pendidikan Nasional
Sistem pendidikan nasional merupakan Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003, yaitu:
“Sistem pendidikan nasional adalah
keseluruhan kemponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk
mencapau tujuan pendidikan nasional”
Pendidikan dilaksanakan melalui tig ajalur yaitu:
1.
Pendidikan formal (pendidikan sistem sekolah
yakni SD, SMP, SMA)
2.
Pendidikan nonformal (les bahsa Inggris,
mengaji, dan lain-lain)
3.
Pendidikan informal (pendidikan dari keluarga,
pendidikan di masyarakat)
C. Pengertian Pendidikan Orang Dewasa
Pendidikan orang dewasa (andragogy) merupakan suatu proses yang menumbuhkan keinginan untuk bertanya dan belajar secara berkelanjutan sepanjang hidup. Pendidikan orang dewasa ini berlangsung dalam bentuk pengarahan diri sendiri untuk memecahkan masalah. Kalau pendidikan orang dewasa ditinjau dari segi umur, seorang yang berumur 16-18 tahun dapat dikatakan sebagai orang dewasa. Ditinjau dari ciri-ciri psikologis, seseorang yang dapat mengarahkan diri sendiri, tidak selalu terngantung orang lain, mau bertanggung jawab, mandiri, berani, mengambil reddiko, dan mengambil keputusan, orang tersebut dikatakan telah dewasa secara psikologis. Sedangkan ditinjau dari ciri-ciri bioligis, seorang yang telah dewasa itu telah menunjukkan tanda-tanda kelamin sekunder, orang tersebut dikatakan telah dewasa secara biologis.
Pendidiakn orang dewasa menurut UNESCO (Towensend Coles, 1997) mendefinisikan pendidikan orang dewasa sebagai:
“keseluruhan proses pendidikan yang diorganisasikan apa pun isi, tingkatan, metodenya, baik formal atau yang melanjutkan maupun menggantikan pendidikan semula di sekolah, akademi dan universitas sera latihan kerja, yang membuat orang yang dianggap dewasa oleh masyarakat mengembangkan kemampuannya memperkaya pengetahuannya, meningkatkan kualifikasi tekns atau professional, dan mengakibatkan perubahan pada sikap dan perilakunya dalam perspektif rekap perkembangan pribadi secara utuh dan partisipasi dalam pengembangan sosial, ekonomi, budaya, yang seimbang dan bebas”
Sumber : Suprijanto,2007. Pendidikan Orang Dewasa Dari Teori Hingga Aplikasi.Jakarta : Bumi Aksara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar