Kamis, 12 April 2012

TESTIMONI UTS

Bismillah.

UTS ONLINE ^o^.. ujian online ini merupakan pertama kali bagi saya. Tapi kok yang namanya KULIA ONLINE sudah biasa terjadi di mata kualia pendidikan dan mata kulia peadagogi. Yang saya rasakan adalah senang, takut (cemas). Apa yang saya senangkan ? dan apa yang saya takutkan ? Ia saya senang karena tidak perlu ujian pagi-pagi dan tak osa takut bahan ujian peadagogi dan bahan ujian yang 1 lagi mata kulia tercampur dan saya bisa lebih tenang + bersiap mengikuti ujian mata kulia 1 lagi. Dan yang saya takutin adalah, saya sangat takut jaringan internet saya tiba-tiba tidak konek jadi saya tidak bisa menjawab soal-soal yang ibu berikan. Setiap berapa jam sekali saya lihat blog saya ini, apakah sudah di balas komen saya atau tidak. #parnok banget hehehe


Ujian online ini bukan hanya sekedar menjawab dan mengevaluasi hasil pembelajaran selama setengah semester ini. Semua ini memiliki kaitannaya dengan pelajaran mata kulia paedagogi dan tentunya di dalam psikologi pendidikan.

Kalau kita kaitkan dengan paedagogi, kita merasakan bahawa ini merupakan seni mengajar. Dimana dosen pengampu memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada kami dan kami menjawabnya dengan mengembangkannya. Proses ini merupakan student centered yang dimana dosen pengampu berinteraksi dengan siswa. Kulai online ini merupakan suatu hubungan dua arah yang dimana dosen memberi dan kami menerima bantuan dan  bimbingan dari dosen pengampu. Semua ini sangat berkaitan erat dengan paedagogi modrn. Dimana kami sangat berminat untuk menjawab pertanyaan dan kami melakukan micro teaching. Disini kami dalam menjawab bukan hanya saja berpatokan pada buku, tapi kami juga mengkembangkan pemakahan kami selama perkulian terjadi.


Saya disini juga mengkaitkan dengan Psikologi pendidikan. Cara mengajar yang efektif, seperti teori Diaz (1997) guru harus menguasai beragam perspektif dan strategi, dan harus bisa mengaplikasikan secara fleksibel. Guru yang efektif membutuhkan dua hal utama dalam mengajar (1) pengetahuan dan keahlian profesional, dan (2) komitmen dan motivasi. Disini saya menekankan pada poin pertama, terdapat penguasaan materi pelajaran strategi pengajaran, penetapan tujuan dan keahlian perencaranaan strinuksional, keahlian manajemen kelas, keahlian motivasional, keahlian komunikasi, bekerja scara efektif dengan murid dari latar belakang kultural yang berlainan, keahlian teknologi , Yang saya berikan tanda kuning merupakan kaitan erat dalam ujian online ini. dosen pengampu mampu mengkembangkan keahlian teknologi, semua yang dilaksanakan kulia online ini memiliki tujuan dan perencanaan yang matang. Dosen pengampu juga mampu memotivasi kami dalam menjawab soal-soal yang diberikan, dengan cara ibunda berkomunikasi dengan kami semua.


Ini semua merupakan kaitan ujian online dengan psikologi pendidikan dan tentunya dengan apa yang sudah saya dapatkan selama setengah perkulian ini berlasung. Semoga apa yang saya jawab membatu saya dan yang lainnya dalam kemajuan kita bersama.

 

Terimah kasih ibu semoga UAS ujiannya lebih menyenangkan lagi.^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar